Berita
Ujian OSCE Kepaniteraan Klinik THT-KL telah sukses dilakukan pada hari ini, 16 Agustus 2016
Written by Administrator   
Tuesday, 16 August 2016 14:00
PDF Print E-mail

Alhamdulillah, berkat dukungan dan partisipasi semua Staff dan PPDS THT-KL, hari ini Bagian THT-KL FK Unand/RSUP Dr. M. Djamil Padang telah sukses mengadakan ujian OSCE Kepaniteraan Klinik THT-KL Periode 18 Juli-18 Agustus 2016. Ujian OSCE terdiri dari 14 station dengan 8 station berupa ujian kasus tertulis dan 6 station berupa ujian praktek. Ujian ini diikuti oleh sebanyak 15 peserta dokter muda THT-KL.

 

 

 

Last Updated ( Thursday, 18 August 2016 10:02 )
 
Bagian THT-KL peringati World Head and Neck Cancer Day 2016
Written by Administrator   
Thursday, 21 July 2016 16:54
PDF Print E-mail

 

Dalam rangka peringatan hari kanker kepala dan leher sedunia 2016 (World Head and Neck Cancer Day) yang jatuh pada hari Rabu, 27 Juli 2016, bagian Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher (THT-KL) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas/ RSUP. Dr. M. Djamil Padang menggelar serangkaian acara. Kegiatan dimulai dengan penyuluhan tentang gejala dan faktor risiko kanker kepala dan leher di lantai 2 Gedung Poliklinik RSUP. Dr. M. Djamil. Kegiatan yang bekerjasama dengan Promkes ini menghadirkan dua pembicara. Pada presentasinya dr. Al Hafiz, Sp. THT-KL  menguraikan faktor-faktor yang meningkatkan risiko terjadinya kanker kepala dan leher, sedankan dr. Sukri menjelaskan tentang gejala kanker ini.

"Kegiatan ini untuk memberikan kesadaran dan informasi mengenai faktor risiko serta gejala kanker kepala dan leher  kepada masyarakat, sehingga terhindar dari penyakit ini atau terdeteksi lebih dini", ujar dr. Sukri Rahman, Sp.THT-KL(K), FICS, Koordinator acara ini yang juga merupakan ketua subbagian Onkologi Kepala dan Leher THT-KL  FK UNAND/ RSUP. Dr. M. Djamil Padang. dr. Sukri juga menambahkan bahwa pada peringatan hari kanker kepala dan leher sedunia 2016 ini, tema yang disampaikan adalah "Kenali Gejalanya, Hindari Faktor Risikonya".

Informasi tentang gejala dan faktor risiko kanker kepala dan leher ini juga disampaikan melalui talk show di TVRI Sumatera Barat pada hari yang sama. Tidak berakhir sampai di situ, untuk memberikan informasi mengenai penatalaksanaan terkini kanker kepala dan leher kepada petugas kesehatan, bekerjasama dengan UPKI FK UNAND, bagian THT-KL akan mengadakan simposium gratis pada Selasa, 2 Agustus 2016. Pada simposium ini akan menghadirkan pembicara Prof. Hiroshi Nishino, MD, PhD dari Jichi Medical University Jepang dan Dr. Bestari J Budiman, Sp.THT-KL(K), ketua bagian THT-KL FK UNAND.

Dalam rilis yang ditulis oleh IFHNOS, International Federation of Head and Neck Oncologic Societies yang menginisiasi penetapan hari kanker ini menyatakan secara global terdapat  500.000 kasus baru kaker kepala leher setiap tahun, dengan kematian mencapai 200.000 yang menjadikannya sebagai penyebab kematian dan kecacatan yang utama di banyak negara di dunia, namun sebagian besar kematian dan kecacatan ini dapat dicegah. Kanker ini menjadi masalah yang penting karena sebagian besar terjadi pada kelompok usia produktif. Untuk menarik perhatian dunia pada perawatan yang efektif dan pengendalian kanker kepala dan keher, IFHNOS menyatakan 27 Juli sebagai World Head & Neck Cancer Day (WHNCD).

Panitia WHNCD 2016 Padang

Setelah Public Lecture bekerja sama dengan Promkes RSUP. Dr. M. Djamil

Penyuluhan (Public Lecture) di RSUP Dr. M. Djamil oleh Dr. Sukri Rahman, Sp.THT-KL(K), FICS

Penyuluhan (Public Lecture) di RSUP Dr. M. Djamil oleh Dr.Al Hafiz, Sp.THT-KL

Suasana Penyuluhan yang interaktif

Talk show di TVRI Sumatera Barat dengan tema Kanker Kepala dan Leher

Free Seminar bekerja sama dengan UPKI FK UNAND dengan pembicara tamu Prof. Hiroshi Nishino, MD, PhD.

 

PHOTO GALLERY

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Last Updated ( Monday, 08 August 2016 00:11 )
 
Peringati World Head and Neck Cancer Day, 27 Juli 2015, Bagian THT-KL Fakultas Kedokteran Universitas Andalas/ RSUP. Dr. M. Djamil adakan Seminar.
Written by Administrator   
Saturday, 25 July 2015 07:48
PDF Print E-mail

Padang. Dalam rangka memperingati Hari Kanker Kepala dan Leher Sedunia, World Head and Neck Cancer Day 2015 yang diinisiasi oleh International Federation Head and Neck Oncologic Societies (IFHNOS), hari ini tanggal 27 Juli, Bagian Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher Fakultas Kedokteran Universitas Andalas/ RSUP. Dr. M. Djamil Padang mengadakan seminar denagan tema, “Kanker Kepala dan Leher, Kenali Gejalanya, Hindari Faktor Risikonya”.



Dr. Sukri Rahman, Sp.THT-KL yang menjadi ketua panitia menuturkan, seminar ini bertujuan mensosialisasikan gejala dini dan faktor-faktor risiko kanker kepala dan leher. Sebagian besar penderita kanker kepala dan leher datang pada stadium yang sudah lanjut, sehingga prognosisnya juga akan buruk.  Kanker Kepala dan Leher merupakan masalah kesehatan di seluruh dunia, dengan morbiditas dan mortalitas yang cukup tinggi. Terdapat sekitar 500.000 kasus baru dan 200.000 meninggal di seluruh dunia akibat kanker kepala dan leher setiap tahunnya, dan sebagian besar mortalitas akibat kanker kepala dan leher dapat dicegah apabila terdeteksi lebih dini, tutur dr. Sukri.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, yang diwakili Wakil Dekan I Dr. Rina Gustia, Sp.KK. Dokter Rina dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Bagian di lingkungan FK UNAND.

 

Wakil Dekan Fakultas Kedokteran memberikan kata sambutan dan membuka acara secara resmi.

 

 

Wakil Dekan I bersama Kertua Bagian THT-KL dan Ketua Panitia serta Pembicara.



Tampil sebagai pembicara pada seminar ini Dr. Sukri Rahman, Sp.THT-KL, Ketua subbagian Onkologi Bedah Kepala dan Leher, THT-KL FK UNAND/ RSUP. Dr. M. Djamil dan Dr. Bestari J Budiman, Sp. THT-KL(K), yang merupakan Ketua Bagian THT-KL FK UNAND/ RSUP. Dr. M. Djamil Padang, dan. Seminar ini dihadiri 81 peserta yang terdiri dari dokter, perawat, mahasiswa, pasien dan keluarga pasien.

 

Pembicara I Dr. Sukri Rahman, Sp.THT-KL, Gejala dan Faktor Risko Kanker Kepala dan Leher

 

 

Pembicara II Dr. Bestari J Budiman, Sp.THT-KL(K), Penatalaksanaan minimal invasif pada tumor sinonasal.

 

Photo bersama di akhir acara.

 

Pada presentasinya dr. Sukri menguraikan gejala-gejala kanker kepala dan leher dapat berupa telinga berdenging, telinga tersumbat, mimisan, sariawan, suara serak, nyeri menelan, benjolan di leher, rasa kebas di wajah dan nyeri kepala berat yang lebih dari tiga minggu. Dr. Sukri juga menguraikan bahwa merokok dan konsumsi alkohol merupakan faktor risiko terbanyak disamping infeksi virus EBV dan HPV, genetik serta lingkungan. Pada sesi lain, Dr. Bestari menguraikan kemajuan penatalaksanaan tumor sinonasal dengan pendekatan minimal invasif. Pertemuan ini diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat.

Disamping itu, dalam rangka sosialisasi kanker kepala dan leher lebih luas kepada masyarakat, bagaimana deteksi dini kanker ini ketua subbagian Onkologi Kepala dan Leher THT-KL RSUP. Dr. M. Djamil Padang, dr. Sukri Rahman,Sp.THT-KL menguraikannya pada wawancara dengan Koran Nasional Republika.

Atas parisipasi Bagian THT-KL melaksanakan kegiatan ini IFHNOS memberikan sertifikat apresiasi:


Last Updated ( Tuesday, 26 January 2016 19:08 )
 
Simposium dan Workshop EMERGENSI DI BIDANG TELINGA HIDUNG TENGGOROK
Written by Administrator   
Saturday, 09 February 2013 09:00
PDF Print E-mail

Simposium dan Workshop "EMERGENSI DI BIDANG TELINGA HIDUNG TENGGOROK"

Sabtu, 9 Februari 2013 di Pangeran Beach Hotel Padang

 

Hari ini dilaksanakan simposium dan Workshop Emergensi di Bidang Telinga Hidung Tenggorok, di Pangeran Beach Hotel. Acara ini diawali dengan Laporan oleh ketua Panitia Dr. Effy Huriyati, Sp.THT-KL dilanjutkan sambutan Ketua Bagian THT-KL Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Dr. H. Yan Edward, Sp.THT-KL. Acara ini dibuka secara resmi oleh Plt Dekan FK UNAND Prof. Dr. Fadil Oenzil, Sp. Gk, PhD.

 

Acara ini diikuti oleh dokter umum dan dokter spesialis, Berbagai perkembangan dan kemajuan penatalaksanaan kegawatdaruratan dibahas oleh para pembicara Nasional dan lokal dari berbagai disiplin ilmu.

 

 


Last Updated ( Monday, 25 July 2016 00:15 )
 
Announcement : Simposium dan Workshop "EMERGENSI DI BIDANG TELINGA HIDUNG TENGGOROK"
Written by Administrator   
Wednesday, 19 December 2012 00:20
PDF Print E-mail

 


 

 


Last Updated ( Monday, 25 July 2016 00:16 )
 
<< Start < Prev 1 2 3 Next > End >>

Page 1 of 3

World Head and Neck Cancer Day 2016

Universitas Andalas